SIFAT KAUM MUNAFIQIIN

Dalam awal surat Albaqarah manusia dibagi menjadi 3 golongan: mukmin, Kafir dan munafiqin, sekarang dalam pembahasan ini akan membahas tipe Manusia yang masuk dalam golongan ke–3, Allah ketika membicarakan kaum munafiqin waktu membahas ini ada 13 ayat, tapi kalau membicarkan mukmin dan kafir hanya beberapa ayat saja karena mereka kaum munafiqin adalah musuh yang paling bahaya sulit dibedakan karena mereka bersembunyi seoalah-olah mukmin juga.

Dan apabila kita mengkaji Alquran memperhatikan kaum munafiqin yang dirinci dalam alquran, mereka suka menfitnah dengan desas sedus mereka, tipu daya kepada kaum mukmin, ganguan mereka kepada rosul Saw, dan setiap masyarakat ada tiga tipe orang ini itu pasti, ada surat dalam alquran yang namanya al-munafiqun, dan banyak surat yang menjelaskan kaum munafiqin. Munculnya kaum ini ketika nabi hijrah ke madinah, misal ketika rosul perang uhud.

Ternyata yang menciptakan kamu munafiqin adalah mereka kaum yahudi, mereka masuk kedalam kaum muslimin tapi mereka mencuri dan membocorkan informasi kepada musuh kaum muslimin, mereka merongrong kaum mukmin berpura-pura menampakkan keimanannya yang sepintas saja, bahkan seperti gigih dalam memperjuangkan islam padahal mereka berniat menghancurkan muslim, ia juga menjadi guru dtengah-tengah kaum mukmin dan ketika ia sukses mengambil rahasia-rahasia islam baru kembali ke kelompoknya yang menghacurkan ini.

Lalu apakah rosul SAW tidak mengetahui orang-orang yang seperti ini, bahkan rosul sangat tahu karena terbuka semua hijabnya, rosul Saw hanya menjelaskan sifat-sifatnya karena kesabaran rosul Saw, tidka langsung memojokkan mereka yang munafiqin karena tidak ingin ada perpecahan dalam islam. Lalu apa manfaat mengetahui sifat-kaum kaum munafiqin ini?? adalah agar kita mawas diri, dan kalau ada dalam diri ini supaya segera meninggalkan sifat itu, dan supaya kita lebih waspada siapa yang harus kita beri kasih sayang atau kita musuhi.

Global sifat munafiqin yang terekam dalam alQuran ;
1. Pembohong menginkrarkan keimanannya kepada Allah dan rosul padahal itu bohong dan ditolak kesaksiannya oleh Allah karena Allah Maha Mengetahui apa yang terlintas dihatinya, berkata iman bararti ada ketentuan yang harus di lakukan, mereka harus mendengarkan, melaksanakan tidak boleh menolak.

2. Kaum menafiqin ini ingin menipu Allah, mereka sering menyembunyikan sesuatu dihadapan manusia sementara Allah selalu menyaksikannya, Orang berbuat baik berarti berbuat baik untuk dirinya ini adalah konsep alquran, begitu juga mereka beranggapan menipu Allah berarti ia sedang menipu diri mereka sendiri.

3. Mereka selalu menganggap perbuatannya baik walaupun terang-terangan perbuatan yang mereka lakukan adalah perbuatan yang keji, padahal Allah telah melarang berbuatan keji dibumi Allah karena apa yang ia lakukan sesuai dengan keinginan saja ini adalah sikap mereka kaum yahudi, mereka tidak mau mendengar teguran dari Rosul Saw. Seperti firaun ketika mengajak bangsa ijib melarang mengikuti nabi Musa As yang dianggap sesat.

4. Kaum Munafiqin selamanya melihat orang mukmin ini selalu dengan penghinaan. Mereka beranggapan orang mukmin itu bodoh jadi tidak perlu diikuti dipandang dengan mata sebelah saja dan tidak menggunakan akal. Sebenarnya yang tidak mengetahui sesuatu itu mereka karena orang yang berakal adalah yang mengikuti Hak.

5. Selalu kaum munafiqin ini pengecut tidak punya kepribadian, ikut sana-sini dan suka mengejek. Mereka bukan tipe orang yang berani, tidak PeDe dengan dirinya karena ini ia tidak bisa menampilkan apa adanya dirinya tidak bisa tegas.

6. Orang munafiqin beranggapan semua janji Allah itu palsu karena dihati mereka tidak ada Allah dalam Qs Al-ahzab;12 “Dan (ingatlah) ketika orang-orang munafik dan orang-orang yang berpenyakit dalam hatinya berkata :"Allah dan Rasul-Nya tidak menjanjikan kepada kami melainkan tipu daya".[33:12] ”

Semua janji Allah dan rosul hanya khayalan juga dalam Qs al-anfal ;46 beranggapan kaum mukmin itu tertipu dengan janji Allah, kadang kita sendiri beramal seperi yang tidak percaya dengan janji Allah.

7. Dalam Qs an-nisa 142 “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka {364}. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya {365} (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali {366}.[4:142] ”
Mereka mempunyai sifat yang keji supaya tidak terperangkap mereka sholat dalam keadaan malas, untuk melaksanakan sholat ini malas berat, kemudian yang mereka lakukan riya dihadapan manusia, padahal allah yang paling tau hati setiap orang seakan-akan dia sedang menipu Allah, timbulnya riya karena beranggapan manusia lebih bisa memberikan kekuatan daripada Allah, mereka tidak pernah menyebut nama Allah kecuali sedikit bahkan mereka benci dengan ketentuan Allah.

8. Surat At-taubah ;65 “Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan manjawab, "Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja." Katakanlah: "Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?[9:65] ".
Kaum munafiqin menganggap Allah, rosul, dan semua ketentuan Allah menganggap itu cuman mainan hukum Allah dirubah dan diputarbalikannya. “Jangan sekali-kali bermain dengan Allah” sangat bahaya, mereka kaum munafiqin saling menganjurkan untuk berbuat kejahatan dan mencegah perbuatan yang baik.

9. Kikir, bagaimana tidak kikir sementara ia tidak yakin kalau Allah akan menggantinya.

10. Mereka melupakan Allah, lalu Allah juga melupakannya adakah bencana yang paling besar ketika Allah meninggalkannya, maka Allah menyiapkan siksaan yang pedih yaitu neraka jahanam, orang menuafiqin dimanapun laknat Allah selalu mengelilinginya.

11. Mereka orang-orang yang tidak mau kembali ke Allah, tidak mau kembali kepada hukum Allah dan mencari penyelesaikan dari musuh-musuh Allah dalam Qs an-nisa ;60-61
“[4:60] Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu ? Mereka hendak berhakim kepada thaghut {312}, padahal mereka telah diperintah mengingkari thaghut itu. Dan syaitan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya.
[4:61] Apabila dikatakan kepada mereka : "Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul", niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu”
Jangan pernah mendahulukan pendapat kita dihadapan rosul-Nya, kita dahulukan orang-orang yang tertentu yang kita percayai, orang munafiqin kiblak dan menjadikan pemimpin mereka selalu kepada orang-orang kafir. Mereka beranggapan dari musuh2 allah mereka akan memperoleh kehormatan, kemulyaan dan kekuatan. Sementara kemulyaan hanya pada allah

12. Mereka selalu meneropong perilaku kaum mukmin supaya mendapatkan celah, apabila orang kafir menang mereka akan berpaling kepada orang-orang kafir apabila mukmin menang mereka juga ingin ikut senang mereka beranggapan telah membantu si mukmin, mereka tidak pernah mempunyai pegangan, dalam surat Albaqarah ;206 “Dan apabila dikatakan kepadanya: "Bertakwalah kepada Allah", bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahannam. Dan sungguh neraka Jahannam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya [2:206]”.
Apabila ia dihasehati akan nampak kecongkaan karena ea menganggap ia benar dan ini adalah paling sombongnya manusia dengan kesalahan dengan kesombongan mereka bangga.

13. Mereka selalu bangga dengan harta-hartanya Jangan pernah kita sebagai mukmin silau dengan harta dan kekuatan yang mereka miliki seberapapun banyaknya padahal Allah ingin menyiksa dengan harta mereka, mereka pandai mengungkapkan meskipun hati mereka penuh dengan kebencian yang mutlak kepada kaum mukmin, manis yang diungkapkan padahal racun.
Mereka apabila mendapat ujian kecil ketika mendapat sedikit ujian dari Allah seolah-olah mereka mendapat cobaan yang besar selalu menyalahkan Allah. Maka Allah melarang kita membantu kaum munafiqin dan larangan keras untuk mereka, karena mereka ingin memerangi mukmin padahal mereka telah disesatkan Allah hanya satu untuk mereka yaitu memerangi kamu munafiqin Qs At-taubah ;73 ”Hai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka ialah jahannam. Dan itu adalah tempat kembali yang seburuk-buruknya.[9:73]”

Mereka kaum munafiqin bohong ketika bersaksi bahwa rosul Saw adalah utusan Allah SWT karena ungkapan ini bukan dari hati mereka, ingatlah Allah Maha tau. Congkaknya mereka dihadapan Allah ketika rosul mengajak mereka untuk bertaubat kepada Allah tapi mereka menolak, tidak pernah membantu sahabat rosul Saw ketika sedang mendapat masalah supaya mereka meninggalkan rosul Saw, tapi ingat semua ini adalah milik Allah meski mereka bantu atau tidak syariat Allah akan selalu tegak.

Begitu besar manfaat sholawat salah satu cara kita jauh dari sifat-sifat diatas ialah bersholawat kepada nabi Muhammad Saw, jangan ada disebut nama nabi Muhammad tapi tidak bersholawat kepada nabi Muhammad dan keluarga beliau Saw, sejauh mana ucapan sholawat itu Sejauh itu juga setan akan lari :)

Dan Masih banyak lagi sifat kaum munafiqin yang perlu kita wasadai

Sumber;
- Sentuhan Qolbu Bersama Habib Muhammad bin Alwi Pasuruhan
- www.pasfmpati.com Streaming Pukul 00:00 Wib
- http://www.jkmhal.com/quran/quran.php

 

Admin

Lihat Profil Lengkap Ku ^_^


Semoga blog ini bisa bermanfaat seperti yang kami harapkan, bila ada kekurangan itu adalah dari kami sendiri dan semoga Allah SWT mengampuninya, kritik dan saran membangun sangat kami harapkan, Terima Kasih (admin)

Pengikut

Comment


ShoutMix chat widget
Kembali Ke Halaman Paling Atas