SIFAT ORANG FASIK DALAM ALQURAN

Allah tidak enggan membuat contoh menunjukan perumpamaan nyamuk dan yang lebih kecil dati nyamuk, kenapa Allah memberi contoh yang kecil? Karena didalam Alquran diayat-ayat sebelumnya Allah memberi contoh lalat dan dalam surat al-ankabut yaitu laba-laba.

Dalam Qs 73 al-hajj “Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah.” [22:73]
intinya Perumpamaan terhadap orang kafir yaitu mengenai berhala-berhala mereka bahkan tidak pernah bisa bisa membuat lalat dan apabila berhala itu dihinggapi lalat berhala itu tidak akan pernah mampu mengusirnya dan apabila lalat tersebut mengambil sesuatu dari mereka misalnya makanan sesaji dan sebagainya berhala itu bahkan tidak mampu mencegahnya. sungguh lemah yang mereka sembah dan yang menyembah jauh lebih lemah lagi, Tetapi bagi Allah tidak ada yang bisa mencegah keputusan-Nya.

Yang Allah inginkan mengenai perumpamaan ayat tesebut adalah berkaitan dengan apa yang sedang dibahas tidak menjadi permasalahan baik itu contoh hewan yang besar dan kecil tetapi tujuannya supaya mereka mengerti apa diharapkan dan apa dibalik perumpamaan yang Allah berikan tersebut semua itu bagi Allah mudah dan sama saja.

Allah menciptakan nyamuk dan gajah adalah sama anggota badannya seperti dipotocopy diperkecil bahkan nyamuk diberi dua kelebihan yang tidak dimili oleh gajah yaitu mempunyai sayap dan ini adalah menunjukan betapa mengagumkannya ciptaan Allah, kalau berbicara mengenai nyamuk singa yang terkenal kebuasannya tidak bisa mencegah dirinya dari gangguan nyamuk, gajah juga, bahkan yang lebih mengagumkan lagi adalah nyamuk dengan mulut kecil seperti itu mampu menembus kulit yang tebal dan kuat bahkan mampu mengambil darahnya jadi jangan pernah beranggapan makhluk Allah kecil maupun besar adalah sama semua ringan bagi Allah. Bahkan lebih kecil dari nyamuk dan itu semua adalah makhluk Allah dan disana ada tanda kebesaran Allah dan itu adalah Bukti ke-Esaan Allah.

Tetapi mereka kaum kafir malah mengejek kenapa Allah memberi perumpamaan nyamuk karena mereka baik itu diberi bukti gamblang maupun tidak karena memang mereka dari awalnya sudah menolak jadi ia gak mau berfikir apalagi percaya dengan adanya Allah perumpamaan itu bagi mereka akan membuat mereka semakin tersesat saja tapi tidak bagi yang mereka menerimanya mereka akan semakin percaya kepada Allah dan membuat imannya semakin bertambah.

Orang menjadi sesat dan jauh dari Allah karena dari tingkah lakunya sendiri yaitu perbuatan keji sehingga mendorong mereka akan memperoleh kesesatan terus menerus sebagai sanksi atas ketersesatannya karena hatinya ditutup Allah. Akibat dari perbuatan kejinya akhirnya mereka tidak percaya Allah dan mengejek perumpamaan Allah Dalam (surat ar-rum 10)
“Kemudian, akibat orang-orang yang mengerjakan kejahatan adalah (azab) yang lebih buruk, karena mereka mendustakan ayat-ayat Allah dan mereka selalu memperolok-oloknya.” [30:10]

Orang yang menyimpang dari ketentuan Alah ada 3 bagian :
1. Melakukan perbuatan dosa tetapi masih kalah dengan setan dam hawa nafsunya tetapi hati kecilnya bertentangan dan menolak bahwa ia sadar perbuatan itu keji ini adalah tingkatan paling rendah
2. Artinya terus menerus melakukan perbuatan dosa tanpa memikirkannya, tidak lagi pernah memperdulikan apa kata hatinya, dua – dua ini masih tergolong orang mukmin.
3. Melakukan perbuatan dosa dan ia menganggap perbuatannya benar padahal dosa, kalau sudah mencapai tahap ini maka ia dikatakan keluar dari islamnya karena sudah mengingkari peraturan yang telah ditetapkan Allah

Sifat-sifat Orang Fasik yang terekam dalam alquran:
1. Mereka yang selalu mengingkari perjanjian kepada Allah setelah perjanjian itu terjadi dan kita semua mempunyai perjanjian Allah semua perjanjian telah kita ambil sebelum kita lahir kedunia sering juga kita bersumpah atas nama Alah dengan sumpah mengatas namakan Allah kita terikat perjanjian juga dengan-Nya.
2. Mereka selalu memutuskan hubungan padahal hubungan itu supaya disambung hubungan silaturahmi baik dengan keluarga sanaksaudara dan orang sekitar, hubungan yang paling dekat dan yang wajib adalah silaturahmi kepada nabi muhammad Saw beserta keluarga beliau Sa.
3. Mereka yang melakukan perbuatan keji dan penghancuran dibumi Allah
4. Mereka orang dzolim yang selalu merubah hukum Allah dalam alquran sehingga Allah menjatuhkan siksaan yang dahsyat kepadanya.
5. Ada juga sifat orang fasik ialah yang selalu menginkari ayat-ayat Allah yang telah gamblang di matanya
6. Ada juga sifat yang lain mereka yang menganggap hukum Allah itu salah dan suka memilah-milah hukum Allah yang mudah dikerjakan yang sulit dan tidak cocok dengannya ditinggalkan Allah berfirman dalam surat al-ma'idah kebanyakan manusia melakukan perbuatan yang durjana
7. Dalam surat At-Taubah apabila mereka mencintai apa yang dipunyainya misal anak, istri, suami dan harta yang dimiliki sehingga ia merasa nyaman tetapi apabila semua itu lebih dicintai daripada Allah maka kita tergolong orang fasik. Setiap saat kita harus minta supaya diberi petunjuk Allah supaya dijauhkan dari sifat fasik
8. Orang yang boros juga termasuk fasik, kalau sudah ini yang terjadi maka Allah akan menghancurkannya, “Sesungguhnya Kami akan menurunkan azab dari langit atas penduduk kota ini karena mereka berbuat fasik”.[Al-Ankabuut:34]
9. Kaum luth adalah contoh orang-orang fasik
“dan kepada Luth, Kami telah berikan hikmah dan ilmu, dan telah Kami selamatkan dia dari (azab yang telah menimpa penduduk) kota yang mengerjakan perbuatan keji {966}. Sesungguhnya mereka adalah kaum yang jahat lagi fasik” [Al Anbiyaa':74]
10. Ada juga didalam alquran orang yang selalu menuduh wanita yang suci dan benar berbuat zina sehingga apabila mereka tidak pernah bisa mendatangkan 4 saksi maka wajib baginya dipukul dan jangan pernah terima lagi kesaksiannya.
11. Yaitu orang-orang yang menyerukan perbuatan keji dan mencegah yang hak, mereka melupakan Allah
12. Kaum fir'aun termasuk kaum yang Fasik
“Masukkanlah tanganmu ke leher bajumu {1122}, niscaya ia keluar putih tidak bercacat bukan karena penyakit, dan dekapkanlah kedua tanganmu (ke dada)mu bila ketakutan {1123}, maka yang demikian itu adalah dua mu'jizat dari Tuhanmu (yang akan kamu hadapkan kepada Fir'aun dan pembesar-pembesarnya). Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang fasik"[Al Qashash :32].
13. Kaum nabi muhammad yang tidak mempercayai kerosulannya,
14. Dan masih banyak lagi contoh perbuatan Fasik
Ada sanksi Allah yang amat besar yaitu Allah tidak akan pernah memberi kerelahan-Nya terhadap mereka padahal kerelahan Allah adalah nikmat yang terbesar. Orang yang tidak kenal dirinya maka ia lebih rendah dari binatang, hidup mereka terbalik menganggap dosa itu biasa dan indah mereka menganggap hak itu tidak nyaman bagi mereka.

Tujuannya ialah orang yang keluar dari ril Allah mereka menjadi fasik, jangan pernah meremehkan perbuatan kecil karena dari yang kecil apabila dilakukan terus menerus akan menjadi besar, orang mukmin apabila melakukan dosa merasa memikul gunung beda dengan orang fasik mereka seolah-olah tidak melakukan apa-apa.

Narasumber ;
- Sentuhan Qolbu Habib Muhammad bin Alwi Pasuruhan
- www.pasfmpati.com streaming Pukul 00:00 Wib
- http://www.jkmhal.com/quran/quran.php

 

Admin

Lihat Profil Lengkap Ku ^_^


Semoga blog ini bisa bermanfaat seperti yang kami harapkan, bila ada kekurangan itu adalah dari kami sendiri dan semoga Allah SWT mengampuninya, kritik dan saran membangun sangat kami harapkan, Terima Kasih (admin)

Pengikut

Comment


ShoutMix chat widget
Kembali Ke Halaman Paling Atas