PEMUDA KEKUATAN DIANTARA DUA KELEMAHAN

Allah menciptakan manusia itu lemah (masa kanak-kanak) kemudian Allah menjadikan kelemahan tadi periode kekuatan(dewasa) kemudian setelah itu dijadikan lemah lagi yaitu Tua, masa lemah pertama adalah pada waktu kita masih kecil dan yang kedua adalah dimasa tua kita maka harus menjadikan kekuatan pada masa muda ini secara maksimal tidak boleh disia-sia kan dan apabila disia-siakan akan membuat kita menyesal dimasa Tua nanti.


Allah menceritakan pahlawan agug yaitu Ashabul kafi, siapa Ashabul khafi itu merka adalah simbul keberanian, berani mengorbankan apapun demi tegakknya kebenaran menegakkan yang hak dan Allah menceritakan mereka adalah pada pemuda yang telah beriman dan menegakkan hak.
Pemuda yang loyo yang tidak memiliki kekuatan dimasa mudanya, maka pemuda itu tidak bisa disebut yang mempunyai kekuatan diantara dua kelemahan. Masa remaja menurut 54 Ar-rum.
Seorang pemuda harus hidup mengabdi kepada Allah, imam ali ra menggambarkan nikmatnya masa muda adalah diibaratkan sebagai nikmatnya sehat dah selamat, dua hal yang diberi Oleh Allah yang tidak pernah disadari kecuali apabila sudah berlalu.

Orang yang tidak tahu bagaimana nikmatnya tapi merasa menyesal apabila semuanya telah berlalu yaitu kesehatan dan masa-masa remaja. Karena pemuda merupakan masa dimana ia mepunyai kekuatan maka harus mengambil segala kesempatan.
Ada beberapa masalah yang apabila kita praktekan kita akan sukses dan jaya dalam hidup ini:
1. Yakini akan datang itu yang namanya kebahagian atau kesengsaraannya. Apabila masa remaja ini kita isi dengan benar maka kita akan jaya misalnya mengisi dengan hal–hal yang indah, banyak menolong orang, sholat tepat waktu dan melakukan kebaikan– kebaikan yang lainnya.
2. Masa remaja itu adalah masa yang singkat maka kita harus lihai agar tidak menyesal dalam hidup ini, apabila kita telah tahu ini adalah masa yang sangat pendek kita yakini harus kita ambil segala kesempatan dan Allah selalu memberi kesempatan. mengisi dengan segala hal yang benar. manusia tidak ada nilainya kecuali apa yang mereka amalkan. lalu ia akan melihat apa yang telah ia lakukan, orang rajin sukses akan menjemputnya, Sedangkan orang yang malas jangan ingin meraih kesuksesan dimasa dia harusnya mendapatkan kesuksesan itu.
nasehat rosul untuk Abi dhar Ada 5 perkasa sebelum 5 perkara, ingat lima perkara sebelum lima perkara;
a. sehat sebelum sakit,
b. Kaya sebelum miskin,
c. muda sebelum tua,
d. lapang sebelum sempit.
e. Hidup sebelum mati
3. Yakini kejayaan seseorang atau kehancuran seseorang itu tergantung kepada masa mudanya diisi dengan apa dan ini pasti, tidak ada orang menyesal di awal pastilah diakhir
Kesempatan itu cepet datangnya lambat kembalinya bahkan tidak akan pernah kembali lagi, siapa yang dibuka Oleh Allah untuk melakukan kebaikan dan hal–hal yang bermanfaat jangan pernah ia sia-siakan karena kita tidak akan pernah tahu kapan Allah SWT akan menutup pintu kesempatan itu.

Menurut riwayat ada malaikat khusus yang khusus yang ditugaskan Allah dan tugasnya setiap malam turun cuma berteriak kepada para pemuda–pemuda yang intinya pemuda jangan malas lalukan semampu kalian rajin-rajinlah kalian beribadah, jangan menjadikan siang jadi malam malam jadi siang yang suka mensia-siakan kesempatan itu maka Allah sungguh pantas mensia-siakan orang itu pada waktu ingin meraih kesuksesan inilah yang dinamakan sampah masyarakat. Allah berjanji mereka yang susah payah menuju kepada Allah, Allah akan memberi kemudahan baginya.

Dosa besar kalau mensia–siakan itu, maka setiap satiap kita harus mensyukurinya dengan melakukan kebaikan maka Allah berjanji akan memberi kemudahan. Karena itu imam ali ra. bersabda "kesempatan itu jalannya seperti jalanya awan” artinya cepat sekali berlalunya, lambat kembalinya bahkan mungkin tidak akan kembali lagi, makanya kita harus kejar dan memanfaatkan dengan sebaiknya, karena Allah masih memberi kesempatan, setiap orang yang telah diberi kesempatan manfaatkanlah sebaiknya karena kita tidak tau kapan kesempatan ini akan ditutup oleh Allah begitulah Sabda rosulullah Saw.

Pemuda yang masih mengakui rosul sebagai nabinya harus dan perlu melaksanakan beberapa hal sebagai berikut:
1. Harus memenuhi masa ini(dewasa) dengan pendidikan agama karena sebagai pondasi. Silakan ingin menjadi prof, insinyur, doktor dsb, Tapi sebelum itu harus dipondasi dengan pendidikan agama, dikenalkan dengan syaria'at islam, dikenalkan cara mendekatkan diri kepada Allah, jangan sampai ada pemuda muslim bangga kalau melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah misal minum arak, mencicipi narkoba dan itu mereka benar-benar merusak nikmat Allah, misalnya yang simple saja bagaimana saya mengingat Allah SWT, sholat pada waktu yang sebenarnya, bagaimana saya belajar untuk menyenangkan rosulnya, bagaimana saya untuk melaksanan apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi larangan-Nya.

2. Harus mengenalkan pendidikan kejiwaan dia itu untuk mensucikan diri, harus mendekatkan diri dan bernaung dalam ril Allah, bersihkanlah diri jangan suudzon kepada orang lain terhadap apa yang dilakukan orang lain, maka hubungan dengan Allah akan baik dan sesama manusia dan menurut rosul SAW bersabda “jihad akbar ialah mampu mengakui kesalahan jika salah, ketika ia dimintai maaf ia memberi maaf” pemuda tidak akan memperoleh ketentraman kalau tidak menenangkan jiwanya, dan ketenangan jiwa hanya bisa melalui Allah. banyak pemikiran pemuda sekarang yang penuh dengan bisikan setan.

3. Pendidikan Formal agar menjadi orang berilmu
dan mengisi masa kedewasaannya dengan ilmu sehingga mampu memandang jauh, mengisi masa muda dengan ilmu pengetahuan yang luas dan wawasan yang jauh dan itu adalah kewajiban, orang yang berilmu dengan yang tidak berilmu berbeda jauh sekali, Allah mencintai dan mengangkat derajad orang yang berilmu tapi Allah jauh lebih mengangkat derajad orang yang berilmu karena ini adalah kewajiban manusia hidup.

4. Mulai belajar hidup bermasyarakat bagaimana harusnya hubungan saya sebagai pemuda menjalin dengan Orang tua, orang yang lebih tua, dengan sesama muslim
sanak sodara dan bagaimana hubungan dengan yang lainnya bahkan tata cara berhubungan dengan non muslim ini sangatlah penting, rosul SAW dipuji oleh Allah SWT karena kemuliaan akhlaknya. menegurpun harus dengan cara yang benar semua ada tatakramanya.

5. Pemuda harus mengenal dengan pendidikan Sex
dan itu harus di arahkan supaya mereka melakukan dengan cara yang benar dan mendapat ridho ilahi, karena ini adalah fitrah manusia, bukan dengan pelampiasan hawa nafsu saja yang menyebabkan kemurkaan Allah SWT.

6. Pendidikan olah raga atau bela diri dan pemuda harus dimiliki sehingga kita menjadi pemuda yang kuat dan sehat yang sanggup menjaga diri sendiri. Itu penting karena kita ini masih muda, karena sungguh tidaklah mungkin kakek–kakek 60 tahun baru belajar bela diri. jadilah pemuda yang memiliki kekuatan.

7. Pemuda harus pandai menghias diri, pendidikan ini juga penting jangan ala adanya saja, Allah itu Maha indah dan menyenangi yang indah tampilah dengan yang indah dimata hamba Allah yang lain yang bersih meski tidak mahal tapi tampilah yang pantas dan Allah tidak suka dengan kekotoran tampil apa adanya jelek dan tidak enak dipandang mata dihadapan sesama hamba Allah, hargai nabi kita yang selalu tampil dengan pakaian yang indah bersih rapi. jangan menganggap perilaku kaum barat yang minggat dari rumah mereka pakaian mereka sobek compang-camping lalu bagi umat nabi muhammad Saw dianggap kemajuan padahal kemunduran, mereka bajunya cuman satu ini lalu kita mengikuti gaya mereka.

8. Pendidikan mengenai cinta tanah airnya sehingga mampu berjuang untuk tanah airnya negeri ini bisa dimakmuran karena penduduknya mencintai negara itu. Dan para pemuda harus mencintai negaranya. negeri yang penduduknya tidak mencintai negerinya pasti akan mundur negara itu, kalau perlu masuk tentara bela negara ini, para pemuda harus mencintai negara tapi jangan sampai cinta kepada negara diatas cinta kepada islam karena islam sangat menganjurkan untuk mencintai negaranya.

Ada juga beberapa penyakit akan menjadi bencana yang sering melanda jiwa muda:
Pertama apabila penyakit pemuda ini terjadi akan menjadi bencana, sering pemuda hidup selalu dibayang-bayangi masa depan dan mereka dihantui terus menerus maka akibatnya mereka tidak bisa menentukan apa yang harus dilakukan masa sekarang ini, ada masa lampau masa sekarang dan masa akan depan jangan hanya menyesali masa lampau persiapkan masa depan dari masa sekarang ini yang lalu sudah lupakan saja, orang yang mencari harta karena takut miskin berarti ia telah menjadi orang miskin, masa depan persiapkanlah sebaikk-baiknya.

Kedua jangan jadi budaknya khayalan karena itu adalah modal seseorang untuk menjadi bangrut, berusahalah semaksimal karena Allah tidak akan mensia–siakannnya, tidak ada bagi manusia kecuali apa yang telah mereka lakukan akan ada hasilnya didunia dan akhirat. dosa besar kalau kita sia-siakan masa paling mahal ini, pemuda itu adalah kekuatan diantara dua masa kelemahan.

Narasumber :
- Pengajian habib muhammad bin alwi pasuruhan
- www.pasfmpati.com 00:00 dan 05:00 Wib

 

Admin

Lihat Profil Lengkap Ku ^_^


Semoga blog ini bisa bermanfaat seperti yang kami harapkan, bila ada kekurangan itu adalah dari kami sendiri dan semoga Allah SWT mengampuninya, kritik dan saran membangun sangat kami harapkan, Terima Kasih (admin)

Pengikut

Comment


ShoutMix chat widget
Kembali Ke Halaman Paling Atas