NERAKA DALAM ALQURAN

Sebelum membicarakan tentang neraka, kita yang mendapat larangan dari Allah terlebih dahulu harus mengenal surga dan neraka dan didalam alQuran telah mengggambarkan indahnya surga dan betapa mengerikannya neraka, agar kita selalu rindu surga dan akhirnya takut neraka sehingga menjauhkan seluruh amalan yang mendekatkan neraka.

Sering para sahabat datang kepada rosul untuk menceritakan tentang nikmat surga dan mengerikannya neraka itu dengan siksaan-siksaan yang dahsyat, supaya mereka lebih banyak melakukan amalan yang sholeh dan menjadi takut melakukan perbuatan yang dilarang Allah. Dalam hal ini imam ja'far shodik mengatakan api didunia ini adalah 70 bagian dari 70 bagian api neraka yang telah dipadamkan selama 70 kali, apabila tidak begitu mana mungkin manusia mampu menyalakan api itu, bahkan rosulullah Saw diriwayatkan dari berbagai buku riwayat meriwayatkan bahwa 1 hadist, jibril datang dengan wajah yang bersedih karena telah

Jibril As ketika datang mukanya bersedih muram tidak seperti biasanya kemudian Rosul bertanya kenapa jibril As seperti itu, kemudian Jibril As memberitahukan kalau neraka itu mulai ditiup Apinya neraka 1000 tahun pertama menyala berwarna merah 1000 tahun kedua menjadi putih dan 1000 tahun ketiga menjadi hitam gelap. Apabila 1 tetes saja api neraka jatuh ke bumi maka seluruh bumi ini akan hangus terbakar, sedang bahan bakar neraka itu adalah "manusia dan batu" (lambang logam tertentu yang selalu menyala dan atau batu ini bermaksud juga berhala yang selalu menusia sembah itu dan semua yang mereka sembah akan menjadi bahan bakar dan teman mereka dineraka.

Firman Allah dalam Al Baqarah :24

فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِين


“Peliharalah dirimu dari Neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.” (Al Baqarah: 24)

2. Penjaganya menakutkan menyeramkan tanpa belas kasihan
Neraka itu ada yang jaga mereka bersikap sadis dan keras terhadap penghuni neraka, penampilan malaikat penjaga neraka saja siksaan tersendiri bagi penghuni nereka sebelum api itu sendiri, konon jahannam itu sendiri bersuara, bergemuruh ketika melihat penghuni neraka dan calon penghuni neraka.
3. Makanan mereka para ahli neraka:
Tidak hanya disurga saja yang mendapatkan makanan dineraka juga mendapatkan tapi sungguh sangatlah berbeda. kalau dalam surga makanannya nikmat serba ada dan mengenyangkan tapi tak pernah membosankan, tapi bagaimanakah makanan untuk ahli neraka itu, dengarkan Firman Allah berikut;
* Zaqqum adalah (Pohon yang pahit, keras, keras dan baunya busuk sekali ) pohon ini tumbuhnya dineraka jahannam dahannya sampai kemana-mana.

ثُمَّ إِنَّكُمْ أَيُّهَا الضَّالُّونَ الْمُكَذِّبُون.َ لآكِلُونَ مِنْ شَجَرٍ مِنْ زَقُّومٍ. فَمَالِئُونَ مِنْهَا الْبُطُونَ. فَشَارِبُونَ عَلَيْهِ مِنَ الْحَمِيم. فَشَارِبُونَ شُرْبَ الْهِيم. ِ هَذَا نُزُلُهُمْ يَوْمَ الدِّينِ

“Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan, benar-benar akan memakan pohon zaqqum, dan akan memenuhi perutmu dengannya. Sesudah itu kamu akan meminum air yang sangat panas. Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum. Itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan”. (Al Qaqi’ah: 51-56)

* Dhori' adalah (Sesuatu buah yang sama sekali tidak mengenyangkan, tidak menghilangkan dahaga, keras dan sangat panas, penuh dengan duri) Orang arab tahu buah itu karena ada disana. nabi Muhammad ingin menggambarkan kepada mereka dhori' seperti ini supaya mereka bisa membayangkan.

Dan juga Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلا مِنْ ضَرِيعٍ. لا يُسْمِنُ وَلا يُغْنِي مِنْ جُوعٍ

“Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.” (Al Ghaasyiyah: 6-7)

* Rosul SAW menggambarkan cairan yang kental yang keluar dari kotor sangat pahit lebih busuk dari bangkai dan panas melebihi api itu sendiri
Dan Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

فَلَيْسَ لَهُ الْيَوْمَ هَا هُنَا حَمِيمٌ. وَلا طَعَامٌ إِلا مِنْ غِسْلِينٍ. لا يَأْكُلُهُ إِلا الْخَاطِئُونَ

“Maka tiada seorang temanpun baginya pada hari ini di sini. Dan tiada (pula) makanan sedikitpun (baginya) kecuali dari darah dan nanah. Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang berdosa.” (Al Haaqqah: 35-37)

* Ghislin adalah Kotoran ahli neraka dikumpulkan, baik itu darah, nanah yang keluar dari tubuh mereka penghuni neraka, diriwayatkan apabila ghislin ini jatuh kebumi setetes saja maka rusaklah seluruh makanan dibumi.

4. minuman mereka ahli neraka :
* Hamim adalah air yang sangat mendidih kalau diminum semua isi perut hancur, begitulah Allah menghambarkannya.

لا يَذُوقُونَ فِيهَا بَرْدًا وَلا شَرَابًا. إِلا حَمِيمًا وَغَسَّاقًا. جَزَاءً وِفَاقًا

“Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah, sebagai pambalasan yang setimpal.” (An Naba’: 24-26)

Dan juga Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

وَسُقُوا مَاءً حَمِيمًا فَقَطَّعَ أَمْعَاءَهُمْ

“Dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?” (Muhammad: 15)

* Shodid adalah imam ja'far shodik menafsirkan air yang keluar dari kemaluan perempuan-perempuan yang zina dalam bentuk darah dan nanah, setiap didekatkan saja Orang-orang itu tidak mampu melihat, dia lari dengan itu karena sebelum minum saja kulit kepala itu langsung melepas seperti terbakar habis, dan ketika ia minum hancur habis isi seluruh tubuhnya dan keluar dari belakang itu terjadi ketika mereka minta minum langsung dikasih minuman itu,

Siapa yang minum arak didunia tidak akan diterima sholatnya selama 40 hari apabila ia mati dalam keadaan masih ada sedikit saja arak didalam perutnya maka kelak ketika dihari kiamat mereka akan dikasih minum itu betapa tersiksanya mereka.

Dan Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

مِنْ وَرَائِهِ جَهَنَّمُ وَيُسْقَى مِنْ مَاءٍ صَدِيدٍ. يَتَجَرَّعُهُ وَلا يَكَادُ يُسِيغُهُ وَيَأْتِيهِ الْمَوْتُ مِنْ كُلِّ مَكَانٍ وَمَا هُوَ بِمَيِّتٍ وَمِنْ وَرَائِهِ عَذَابٌ غَلِيظٌ

“Di hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah, diminumnnya air nanah itu dan hampir dia tidak bisa menelannya dan datanglah (bahaya) maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi dia tidak juga mati, dan dihadapannya masih ada azab yang berat.” (Ibrahim: 16-17)

* Ghosak adalah sama juga cairan yang keluar dari darah nanah apabila mereka dibakar akan keluar cairan itu yang berbau sangat busuk, coba minuman ini 1 timba ditumpahkan ke dunia seluruh dunia akan berbau busuk, Ada juga yang meriwayatkan ghosak juga siksaan dingin dineraka dan itu lebih sangat menyiksa sehingga mereka meminta dibakar malaikat itu selama seribu tahun, ada juga yang mengatakan itu minuman mereka terbuat dari timah yang dilelehkan apabila diberi maka terbakar semua wajahnya mereka ini menurut Allah adalah sejelek-jeleknya minuman.

إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَارًا أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا وَإِنْ يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاءٍ كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءَتْ مُرْتَفَقًا

“Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu Neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.” (Al Kahfi: 29)

5. Pakaian untuk ahli neraka.
Pakaian untuk ahli neraka dari aspal yang begitu dipakai cepet membakar dirinya, apabila pakaian ini digantung didunia maka seluruh penghuni dunia ini akan mati karena panas dan busuknya ini adalah untuk orang kafir udah begitu ditambah siksaannya dituang lagi kepalanya dengan timah hancur dan leleh semua tubuhnya "naudzubillah"

تَحْسَبَنَّ اللَّهَ مُخْلِفَ وَعْدِهِ رُسُلَهُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ ذُو انْتِقَامٍ

يَوْمَ تُبَدَّلُ الأرْضُ غَيْرَ الأرْضِ وَالسَّمَاوَاتُ وَبَرَزُوا لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ

وَتَرَى الْمُجْرِمِينَ يَوْمَئِذٍ مُقَرَّنِينَ فِي الأصْفَادِ

سَرَابِيلُهُمْ مِنْ قَطِرَانٍ وَتَغْشَى وُجُوهَهُمُ النَّارُ

لِيَجْزِيَ اللَّهُ كُلَّ نَفْسٍ مَا كَسَبَتْ إِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

“Karena itu janganlah sekali-kali kamu mengira Allah Subhanahu wata’ala akan menyalahi janji-Nya kepada rasul-rasul-Nya; sesungguhnya Allah Subhanahu wata’ala Maha Perkasa, lagi mempunyai pembalasan. (Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan meraka semuanya (di padang Mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yang Maha Esa lagi Maha Perkasa. Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu. Pakaian mereka adalah dari pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh api Neraka, agar Allah Subhanahu wata’ala memberi pembalasan kepada tiap-tiap orang terhadap apa yang ia usahakan. Sesungguhnya Allah Subhanahu wata’ala Maha cepat hisab-Nya.” (Ibrahim: 47-51)

6. Siksaan yang lain adalah dari seluruh penjuru badannya kena semua tidak ada yang selamat dari bagian tubuhnya semua siksaan itu dari atas api dan dari bawah api dikunci rapat sehingga mereka tak bisa lari ada juga siksaan diseret dan wajahnya dibawah ini adalah bentuk penuh penghinaan untuk mereka.

Siksaan di dunia dan akhirat selalu berbeda biasanya kalau orang dibakar luarnya dulu yang hangus baru sampai hati dan yang lainnya tapi dineraka munculnya api itu dari hatinya dahulu baru semuanya karena hatinya yang kejam hati, perampas, hati yang kotor, hati yang tega karena itu yang dibakar adalah pusatnya dahulu api api Allah jadi sulit kita bayangkan neraka itu seperti apa.

خَاشِعَةً أَبْصَارُهُمْ تَرْهَقُهُمْ ذِلَّةٌ ذَلِكَ الْيَوْمُ الَّذِي كَانُوا يُوعَدُونَ

“Dalam keadaan mereka menekurkan pandangannya (serta) diliputi kehinaan. Itulah hari yang dahulunya diancamkan kepada mereka. (Al Ma’arij: 44)

7. Mereka dengan semua siksaan itu tidak hidup dan gak mati karena hidup itu dengan siksaan yang amat dahsyat dan disebut mati bagaimana ia kan sudah mati dan selamanya seperti itu, siksaan ini seolah-olah kematian datang menghampirinya mengelilinginya tapi tidak pernah mati dengan semua siksaan yang dahsyat itu dan tanpa adanya batas waktu, tidak ada pengurangan atas siksa itu dan alQuran menolak mengatakan bahwa dineraka tidak ada seringanan selamanya ia disiksa, setiap api itu akan padam maka bertambah besar dan setiap kulit mereka habis terbakar maka akan kembali seperti sediakala dan diberikan kulit baru.

Kemudian mengenai ayat ini ada orang yang datang kepada imam ja'far yang menanyakan mengenai salahnya kulit yang baru ini apa? padahal kulit yang baru ini tak pernah berdosa? Lalu dijawab kalau kau lihat batu bata ini dihancurkan lalu dibuat lagi dan itu sama agar mereka tetap merasakan.

8. Ada juga belenggu yang mengikat mereka kaki tangannya diikat dengan lehernya lalu dibawa ke neraka mereka diikat dengan banyak belenggu ada yang mengatakan 70 belenggu, ada yang meriwayatkan dari rosulullah apabila ikatan itu diletakkan digunung maka gunung itu akan leleh karena sangat panasnya.

Dan Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

إِنَّ لَدَيْنَا أَنْكَالا وَجَحِيمًا. وَطَعَامًا ذَا غُصَّةٍ وَعَذَابًا أَلِيمًا

“Karena sesungguhnya pada sisi Kami ada belenggu-belenggu yang berat dan Neraka yang menyala-nyala. Dan makanan yang menyumbat di kerongkongan dan azab yang pedih.” (Al Muzammil: 12-13)

9. Ada juga pecut untuk mereka dari besi dan rosul SAW pernah bersabda kalau satu pecutnya diletakkan dibumi seluruh manusia dan jin tak akan pernah sanggup mengangkat. mereka digandengkan satu sama lain diikat dengan setan-setan karena mereka membangun ikatan dengan setan ketika didunia

10. Api-api neraka itu ada suaranya apabila didunia ini melihat calonnya maka sangat membara yang gemuruh yang siap menerkam, setiap mereka yang merintih kesakitan kemudian dihajar oleh penjaganya, mereka juga berteriak-teriak disana, ada juga yang berkelahi yang saling menyalahkan satu dengan yang lain, dan Allah berfirman "jangan berkelahi disini karena Allah telah sampaikan dahulu bagi mereka, sesungguhnya Allah tidak pernah mendholimi hambanya.

Mereka berteriak seperti ini "coba dulu aku taak kepada Allah dan rosul, coba aku dulu gunakan akal ini maka aku tidak akan pernah masuk sampai disini", tapi semua ini tak berarti karena sudah terlambat dan tidak pernah diterima Allah. mereka ingin angin dah menginginkan tempat berteduh, disanappun disediakan untuk mereka, tapi juga sama dari api yang tidak memberikan keenakan bagi mereka.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

إِذَا رَأَتْهُمْ مِنْ مَكَانٍ بَعِيدٍ سَمِعُوا لَهَا تَغَيُّظًا وَزَفِيرًا

“Apabila Neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara nyalanya.” (Al Furqaan: 12)

إِذَا أُلْقُوا فِيهَا سَمِعُوا لَهَا شَهِيقًا وَهِيَ تَفُورُ

تَكَادُ تَمَيَّزُ مِنَ الْغَيْظِ كُلَّمَا أُلْقِيَ فِيهَا فَوْجٌ سَأَلَهُمْ خَزَنَتُهَا أَلَمْ يَأْتِكُمْ نَذِيرٌ

“Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara Neraka yang mengerikan, sedang Neraka itu menggelegak, hampir-hampir (Neraka) itu terpecah-pecah lantaran marah. Setiap kali dilemparkan ke dalamnya sekumpulan (orang-orang kafir), penjaga-penjaga (Neraka itu) bertanya kepada mereka: “Apakah belum pernah datang kepada kamu (di dunia) seorang pemberi peringatan?” (Al Mulk: 7-8)

Berkaitan dengan nama-nama Neraka ada 7 Pintu;
Setiap pintu ada bagiannya tersendiri, pintu ini ialah :
1. Neraka Jahannam
2. Neraka Jahiim
3. Neraka Hawiyah
4. Neraka Wail
5. Neraka Sa'iir
6. Neraka Ladhaa
7. Neraka Saqar
8. Neraka Hutomah

وعنه قال : قال رسول اللّه صلّى اللّه عليه وسلّم : يؤتى بجهنّم يومءذلهاسبعون ألف زمام ، مع كلّ زمام سبعون ألف ملك يجرّونها (رواه مسلم)٠

Dari Ibnu Mas’ud Radhiallahu’anhu ia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Pada hari kiamat Neraka Jahannam itu akan didatangkan dengan tujuh puluh ribu kendali, tiap-tiap kendali ditarik oleh tujuh puluh ribu malaikat.”(HR. Muslim)

إِنَّهَا لإحْدَى الْكُبَرِ. نَذِيرًا لِلْبَشَرِ

“Sesungguhnya Saqar itu adalah salah satu bencana yang amat besar, sebagai ancaman bagi manusia.” (Al Muddatsir: 35)

Dan diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Ad Darimi, dan Al Hakim, dari An Nu’man bin Basyir Radhiallahu’anhu berkata: “Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam berkhutbah dan berkata, ’saya peringatkan kalian dari api Neraka, saya peringatkan kalian dari api Neraka’. Andaikata sesorang berada di pasar ia akan mendengarkan suara tersebut dari tempatku ini. Dan waktu itu beliau membawa selendang yang tadinya berada di bahu kemudian jatuh di kakinya.” Menunjukkan kerasanya beliau memperingatkan hal tersebut kepada umatnya.

Allah Subhanahu wata’ala dan Rasul-Nya Shallallahu’alaihi wasallam telah menggambarkan bagaimana panasnya api Neraka, dan bagaimana golakan api Neraka, dan digambarkan bagaimana makanan dan minuman penghuninya, dan digambarkan bagaimana belenggu dan berbagai macam siksaan yang terkandung di dalamnya, dan digambarkan tentang pakaian orang-orang yang menghuninya. Seluruh hal tersebut sebagai seruan kepada hamba Allah Subhanahu wata’ala supaya takut dan bertakwa kepada-Nya dan bersegera menuju hal-hal yang dicintai dan diridhoi oleh Allah Subhanahu wata’ala.

Pintu surga itu selalu terbuka sedang pintu neraka itu tertutup ketika yang akan masuk itu sudah didalam seperti penjara didunia

Neraka itu adalah tempatnya;
- Orang kafir
- Orang munafik
- Orang yang menghalau jalannya orang yang menuju kebenaran
- Orang mengejek ayat Allah
- Orang yang tidak berakal
dalam hal ini mereka tidak menggunakan akal mereka sehingga malah memilih untuk masuk neraka
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لأولِي الألْبَابِ

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

رَبَّنَا إِنَّكَ مَنْ تُدْخِلِ النَّارَ فَقَدْ أَخْزَيْتَهُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah Subhanahu wata’ala sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa Neraka. Ya Tuhan kami, sesungguhnya barang siapa yang Engkau masukkan ke dalam Neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang lalim seorang penolongpun.” (Ali Imron: 190-192)
Neraka ini untuk siapa?
- Mereka yang selalu mengikuti setan,
- Mereka yang mendzolimi hak orang lain,
- Mereka yang hidup membela kebatilan,
- Mereka yang melupakan akan adanya hari kiamat, sehingga melupakan semua amal perbuatannya menjadi tidak terkontrol dan itu menyebabkan kita masuk neraka
- Mereka cinta dunia,
- Mereka yang suka mengumpat,
- Mereka yang menyimpan hartanya dan tidak mau berinfak dan mengeluarkan zakat,
- Mereka yang membunuh orang yang tidak bersalah,

- Memakan harta anak yatim,
- Makan riba,
- Mengkufuri nikmat-nikmat Allah,
- Menipu pada waktu Berdagang mengurangi timbangan dagangan dan kalau membeli pengen yang termurah
- Menyakiti orang lain, mengumpat orang,
- Orang Congkak yang melampai batas sehingga hartanya menjadi mubadhir dalam kehidupannya,
- Orang yang sering melakukan dosa apapun bentuk dosanya,
- Orang yang melampau batas dari hukum Allah dll.

Apabila ada yang berangggapan dan bertanya apa dosa yang telah mereka lakukan mereka hidup tidak lebih dari 80 tahun tapi mereka disiksa selama berjuta-juta tahun adilkah ini?
kemudia Allah menjawabnya
Karena orang itu yang menutup semua pintu keselamatan pada dirinya ;
1. Harus kita pahami jangan lihat ukuran sanksi dengan panjang atau pendeknya waktunya tapi lihat apa yang ia lakukan dan berapa bahayanya serta biadapnya kelakuannya sehingga telah merusak kehidupannya dan merugikan orang lain, jadi sangatlah pantas bagi mereka.
2. Sebenarnya neraka itu tidak ada kalau kita tidak melanggar ketentuan Allah apabila samakin banyak maka akan semakin kekal dineraka, Allah beri nabi dan akal untuk mereka mau berfikir dan merenung, semestinya tidak ada semua itu apabila ia ikuti semua ketentuan Allah.
3. Allah telah mengirim nabinya memberi mereka akal untuk berpikir tapi mereka memilih untuk masuk neraka sehingga penjaga neraka bertanya "kenapa engkau memilih untuk masuk sini apa sebelumnya tidak pernahkah diutus nabi untuk kalian??"
4. Mereka tidak akan pernah terbiasa dineraka karena Allah akan siksa mereka tanpa berhenti sedetikpun sehingga mereka akan terus menerus tersiksa dan tidak akan pernah terbaisa hidup di dalam nereka.

Ada juga anggapan-anggapan orang yang sudah terbiasa (kulino dalam bahasa jawa) disiksa akan terbiasa dan tidak akan merasakan sakit lagi tetapi anggapan itu salah besar Tiada pernah mereka sedetikpun rilek setiap saat mereka akan disiksa dengan siksaan yang amat pedih dan berbeda dengan siksaan dunia karena tidak ada rahmat Allah sedikipun disana.

Narasumber:
- Pengajian Habib Muhammad bin Alwi Pasuruhan
- www.pasfmpati.com Streaming Pukul 00:00 Wib
- www.Olysus.com

 

Admin

Lihat Profil Lengkap Ku ^_^


Semoga blog ini bisa bermanfaat seperti yang kami harapkan, bila ada kekurangan itu adalah dari kami sendiri dan semoga Allah SWT mengampuninya, kritik dan saran membangun sangat kami harapkan, Terima Kasih (admin)

Pengikut

Comment


ShoutMix chat widget
Kembali Ke Halaman Paling Atas