NABI ADAM AS

Nabi Adam As dimuliakan ALLah kepada para malaikat karena ia sebagai kholifah dan ini kedudukan yang tinggi, kholifah ini harus dibekali bermacam-macam bekal dan yang pertama adalah dibekali ilmu, kenapa Allah mengulangi cerita adam berkali–kali didalam Alquran, karena Adam As adalah bapak manusia dibumi. Allah menjelaskan bagaimana Allah menciptakan nabi Adam As dari tanah, tanah yang dicampur dengan air, kemudian lumpur dan lumpur ini berbau, dan kemudian mengeras apabila dipukul keluar suara tetapi ini adalah gumpalan tanah kering bukan wujudnya adam ketika sudah diratakan ini masih belum jadi Adam As melainkan masih berupa tanah.

Kemudian Allah meniupkan ruh kedalamnya lalu malaikat bersujud kepada nabi Adam. Nabiadam dibentuk dari 2 hal yaitu badan dan ruh, semua itu butuh makan makanan jasad ialah yang kita lakukan sehari-hari yaitu makan minum dll. dan makanan ruh ialah beramal sholeh dan segalanya yang berhubungan dengan akhirat. kemudian diciptakan anak adam adalah dari sperma, segumpal darah, tulang lalu Allah menutupnya dengan daging ini belum manusia karena masih segumpal daging dan apabila Allah telah meniupkan ruhnya maka jadilah manusia, daging manusia tidak ada yang meminatinya jadi jangan cuman memperbaiki jasadnya saja pasti orang-orang yang hanya memperbaiki jasadnya saja akan menjadi manusia paling rugi karena manusia terdiri dari jasad dan ruh.

Nabi Adam As memiliki berbagai kelebihan diantara makhluk yang lain, yaitu mampu mengenal “nama sesuatu” tau juga rahasia dibalik Allah menciptakan segala sesuatu tersebut. Adam As mampu mengenal sesuatu sesuai dengan hakekat yang sebenarnya (keutamaannya) apa saja yang diajarkan Allah kepada nabi Adam As?segala sesuatu yang sudah ada maupun belum ada didunia nabi adam juga sudah tau sehingga Adam tau semuanya. Termasuk tahu siapa nabi Muhammad SAW, ahlul bait, aimmatul athar dan semuanya sehingga ketika adam melalukan kesalaham Allah mengampuni Adam ketika bersholawat kepada sayyidil wujud Muhammad SAW beserta keluarganya. Bagaimana cara Allah mengajarkan ilmunya kepada setiap manusia? maka Allah memakai semua cara, baik itu sudah ada dialam ini maupun dengan firmannya “kun fa ya kun” maka apabila kita mencari ilmu perbanyaklah ketaqwaan kita kepada Allah pasti akan ada hasilnya.

Rahasia Allah menciptakan nabi Adam As ialah karena manusia mampu memikul ilmu-ilmu yang para malaikat dan makhluk selain manusia tidak mampu kerika Allah menyodorkan amanah ini kepada merea, selain manusia tidak mampu memikulnya, tidak ada ilmu itu yang dimiliki yang tidak diberi oleh Allah karena pengajar yang pertama ialah dari Allah ketika kita dihadapkan pada ilmu yang terbatas maka pasti ada tingkatannya artinya dia belih pintar dari yang lainnya, tetapi kalau dihadapan pada ilmu Allah yang tiada batasnya maka tidak ada tingkatannya lagi semua sama baik itu orang yang terpandai maupun yang paling bodho semuanya sama dihadapan Allah karena ilmu Allah tidak terbatas segala sesutu terbuka dihadapan Allah baik itu rahasia dan yang lebih tersembunyi maupun yang diungkapkan bagi Allah sama.

Narasumber ;
- Sentuhan Qolbu bersama habib Muhammad bin Alwi Pasuruhan
- www.pasfmpati.com

 

Admin

Lihat Profil Lengkap Ku ^_^


Semoga blog ini bisa bermanfaat seperti yang kami harapkan, bila ada kekurangan itu adalah dari kami sendiri dan semoga Allah SWT mengampuninya, kritik dan saran membangun sangat kami harapkan, Terima Kasih (admin)

Pengikut

Comment


ShoutMix chat widget
Kembali Ke Halaman Paling Atas