PROSES KELUARNYA NABI ADAM AS DARI SURGA

Proses keluarnya Adam As dari taman surga, kalau kita artikan surga adam dilangit maka adam turun dari langit, apabila kita artikan surga adam dibumi maka Adam As dipindahkan dari tempat aslinya itu ketempat yang lain. Iblis sebenarnya sudah mendapat perintah kalau iblis sudah diusir dari surga karena mereka tidak layak ditempat itu (surga Adam) karena iblis adalah makhluk yang terkutuk, iblis adalah musuh anak adam sampai hari kiamat supaya diantara anak adam terjadi perselisihan.

Allah menyebutkan nabi Adam As dan keluarganya kalau bumi ini adalah tempat bermukimnya mereka bukan disurga karena tujuan awalnya diciptakannya nabi Adam As ialah sebagai kholifah tetapi harus melewati berbagai peristiwa yang telah ditentukan Allah tadi tetapi Adam beserta keluarganya dibumi tidak hidup selamanya karena mereka memiliki batas waktu tertentu, karena mereka akan mati dibumi dan Allah membangkitkan mereka dari bumi juga. Kenikamatan dunia selalu ada dua hal yaitu kita yang meninggalkan kenikmatan itu atau kita yang ditinggalkan kenikmatan jadi janganlah besar kepala terhadap harta dan semua yang dimilikinya karena apabila sewaktu-waktu diambil Allah itu adalah Hak Allah SWT.

Allah memberikan kepada Adam kalimah dan dengan kalimat itu taubat nabi Adam diterima Allah, karena tidak ada tobat kecuali Allah sendirilah yang memberikan taubat, pertama kali Allah memberikan taufik-Nya kepada mereka (nabi adam dan keluarganya) agar mereka mampu bertaubat kepada Allah. Mereka setelah itu baru dibisa diterima taubatnya, sedangkan turunnya nabi Adam As kebumi bukan dosa melainkan anjuran untuk meninggalkan melakukan perbuatan yang seharusnya tidak dilakukan adam. Tidak seperti pengusiran iblis dari surga itu karena congkaknya kepada Allah dan menentang perintah Allah. Keluarnya nabi Adam As dari surga melainkan ini adalah proses yang telah Allah rencanakan. (Al-a'raf ; 23).

Ada riwayat yang menyebutkan dan ini adalah yang paling populer bahwa kalimah yang Allah berikan kepada Adam sehingga memperoleh ampunan ialah bersholawat kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarga beliau SAW. Apabila kita melakukan dosa sebilangan pasir dibumi lalu kita bertaubat (bertaubat sebenarnya tidak mengulangi lagi) kepada Allah pasti diampuni segala dosanya dan Allah tidak menghiraukan dosanya tadi dan secara bersamaan ia menjadi orang yang dicintai Allah.

Petunjuk dan hidayah itu hanya murni milik Allah dan datangnya dari Allah, jaminan Allah tipu daya setan lemah apabila mengikuti petunjuk Allah tidak akan pernah akan takut dan sedih orang yang bersama Allah seperti pasa Auliya Allah, yang dimaksud takut itu adalah apabila kita berfikir sesuatu akan datang kepada kita dan kita berfikir kita tidak mampu mengatasinya, sedih ialah apabila kita tidak mendapatkan sesuatu atau kehilangan sesuatu terhadap apa yang diharapkannya tetapi Allah mengatakan orang mukmin yang “billah” tidak akan pernah takut apabila ia mengikuti ril Allah karena ia bersama Allah, sementara ia telah melalukan hal yang baik. Allah tidak akan memberikan sesuatu kecuali ada hikmah didalamnya jadi tidak perlu merasa takut dan sedih.

Orang yang mengikuti Allah pasti hidup bahagia karena ia tidak punya rasa takut lagi kerena telah bersama Allah, sedangkan orang yang punya uang bermilyaran tetapi tidak bersama Allah pasti takut sekali karena gelap hatinya. Apabila Allah memberikan bala' kepada mereka kepada hartanya mereka akan sangat ketakukan seperti dalam (Qs Albaqoroh ;155) “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”[2:155].

Orang yang mengikuti petunjuk Allah tidak akan pernah takut dan sedih karena ia akan memperoleh ketentraman dan ini hanya untuk mereka yang bersama Allah kenikmatan ini tidak bisa dibeli dengan apapun dalam (Qs Thaahaa;123)”Allah berfirman: "Turunlah kamu berdua dari surga bersama-sama, sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku, lalu barangsiapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka [20:123]”. Orang yang takut dan sedih itu adalah orang yang sengara (Thaahaa ; 123). Siapa yang berpaling dari Allah kehidupannya paling sempit seperti orang yang sakit asma dibangkitkan dengan keadaan buta dalam (Qs Thaahaa 124)” Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta [20; 124]", ketika mereka bertanya-tanya kenapa mereka bisa buta padahal ketika hidup didunia tidak buta, kemudian Allah menjawab begitu pula Aku (Allah) kirim petunjuk tapi kalian tinggalkan seperti itu juga hari ini kami tinggalkan dirimu, tetapi orang yang hidup bersama islam lapang dadanya.

Apabila orang mukmin menyebut nama Allah serta konsekuen dengan hukum Allah kalau dia sakarotul maut datang kepadanya malaikat-malaikat datang menghibur mereka dan berkata “jangan takut, jangan sedih, berkabar gembiralah dengan Surga Allah kami (para malaikat) adalah temanmu didunia dan diakhirat dan kamu akan menjadi tamu Allah”.

Datangnya kesedihan ketika datangnya pelanggaran kepada Allah. Sabda rosul dosa adalah “Sesuatu yang menjadikan hati gelisah dan tidak ingin orang lain tahu apa yang kita lakukan, benar ialah apabila kita merasa damai apabila kita telah melakukan sesuatu tadi” pada dasarnya sudah ada mahkamah dihati setiap manusia apabila ia melakukan kejelekan maka hatinya pasri berontak itu untuk yang masih punya hati nurani meski sedikit, orang mukmin yang meyakini semua pemberian Allah baik, maka ia tidak akan sedih ketika ia ditimpa musibah ia sabar dan itu baik untuknya apabila ia mendapat kebaikan kemudian ia bersyukur kepada Allah maka itu jauh lebih baik dan pasti Allah akan memberikan kebaikan yang lainnya dan ini adalah orang yang mendapat petunjuk-Nya.

Narasumber ;
- Sentuhan Qolbi bersama Habib Muhammad bin Alwi Pasuruhan
- www.pasfmpati.com Srteaming Pukul 00:00 Wib
- www.jkmhal.com

 

Admin

Lihat Profil Lengkap Ku ^_^


Semoga blog ini bisa bermanfaat seperti yang kami harapkan, bila ada kekurangan itu adalah dari kami sendiri dan semoga Allah SWT mengampuninya, kritik dan saran membangun sangat kami harapkan, Terima Kasih (admin)

Pengikut

Comment


ShoutMix chat widget
Kembali Ke Halaman Paling Atas