BANI ISROIL

Cerita nabi Musa As banyak dimuat dalam alquran dan Allah rinci sedemikan rupa didalam alquran agar umat muhammad SAW tau siapa kaum bani isroil itu dan mengambil pelajaran dari cerita mereka. Bani isroil adalah dari putra-putra dan cucu-cucu para nabi terdahulu dan mereka adalah keturunan dari nabi Yakub As bin iskha' As, beliau As mempunyai 11 anak dan anak ke 4 bernama yahuda maka keturunannya dinamakan yahudi tetapi mereka mengalami penyimpangan kemudian Allah memerintahkan mereka bani isroil untuk mengingat nikmat-nikmat Allah yang telah Allah berikan kepada mereka.

Tidak ada nikmat datang melainkan pasti dari Allah meskipun melalui perantara apapun pasti sumbernya adalah murni dari Allah, apa nikmat Allah yang telah diberikan kepada mereka bani isroil? sebenarnya banyak sekali nikmat yang telah Allah berikan kepada mereka tetapi mereka mengkufuri nikmatnya, mereka adalah umat yang paling dilaknat setiap mereka mendapat kenikmatan disaat itulah menereka mengkufuri Allah, mereka disebut juga umat yang paling dilaknat oleh langit dan bumi.

Apa saja nikmat mereka ;
1. Dari bangsa bani isroil ini adalah paling banyak nabi di utus kepada mereka,

2. Banyak kitab-kitab Allah yang di turunkan kepada mereka dan yang kita ketahui adalah taurat, zabur, injil.

3. Mereka diberi berbagai rizki makanan dan minumam tanpa pernah kelaparan dan kehausan, tapi mereka tidak bersyukur malah mensekutukan Allah.

4. Dalam bangsa mereka berbagai kerajaan megah didirikan disana misalnya kerajaam Nabi Sulaiman yang termegah yang pernah ada karena itu adalah Doa beliau As supaya setelahnya tidak ada lagi kerajaan semegah kerajaannya.

5. dalam [Qs Al-maidah ; 20] disebutkan ;
“Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada kaumnya: "Hai kaumku, ingatlah ni'mat Allah atasmu ketika Dia mengangkat nabi nabi diantaramu, dan dijadikan-Nya kamu orang-orang merdeka, dan diberikan-Nya kepadamu apa yang belum pernah diberikan-Nya kepada seorangpun diantara umat-umat yang lain"[5:20].

6. Mereka dikasih tau sebelumnya kalau akan ada nabi terakhir diantara mereka dibuku-buku dan di kitab-kitab mereka terdahulu telah disebutkan secara terperinci, dan mereka mengenalinya seperti anak-anak mereka sendiri dan ini adalah nikmat yang terbesar, lengkap dengan tanda-tandanya. Orang yang paling cepet mengenal sifat rosul ialah orang yang plaing beruntung. Mereka selalu menunggu datangnya nabi terakhir itu dan mereka selalu membanggakannya. Allah telah mengambil perjanjian dengan mereka, yang intinya Allah melarang mereka menyembunyikan sifat rosul yang telah mereka ketahui, perjanjian yang kedua “mereka janji melaksanakan semua isi taurot untuk mempercayai nabi terakhir.

7. dll.

Perjanjian Allah dengan bani isroil antara lain;
“Jangan menyembah selain Allah, berbuat bakti kepada orangtua, berbuat buat baik kepada kerabat dekat, kepada orang miskin, melaksanakan sholat, menunaikan zakat, jangan sampai ada pertumpahan darah ada juga perjanjian untuk mengimani rosul-rosul Allah termasuk nabi Muhammad SAW.

Kita ini hanya menagih-nangih janji Allah tetapi kewajiban kita kepada Allah kita lupakan. Kenapa doa kita tidak pernah dikabulkan Allah, karena kita tidak pernah memberikan apa yang telah kita ikrarkan kepada Allah dan ini adalah pegangan untuk kita, padahal Allah memberi bermacam-macam dari Allah ini adalah bonus, 1 tetes Air saja kita tidak pantas mendapatkannya dari Allah apabila Allah ingin menghukum manusia maka tidak akan ada manusia yang melata dibumi.

Banyak yang kita tinggalkan jadi kenapa kita harus menuntut, padahal kita tidak minta tetapi Allah masih memberi apalagi kalau minta kepada Allah dan kita harus meyakini hal tersebut, hendaklah kita tahu diri mengenai hal itu. Janji Allah pasti nyata Allah pasti membela orang-orang yang bersamanya dan cukuplah baginya Allah misalnya nabi Musa ketika menghadapi kaum bani isroil ini mereka cerewet sekali ketika mereka dihadapan laut dan dikejar pasukan Fir'aun kalau dipikir maju mati mundurpun mati tapi ia As adalah nabi Allah ia yakin bersama Allah pasti Allah membela dan pasti Allah memberikan yang terbaik

Tiga cara agar hidup ini menjadi Tenang dan Sukses :
1. Menimang-nimang nikmat Allah membawa kita mengenal Allah dan mensyukuri nikmat-Nya, ketika kita kenal Allah kita tidak akan takut lagi menghadapi apapun hati akan damai dan tentram.

2. Setia pada janji Allah membawa kita lebih berani lagi terhadap segala sesuatu.

3. Hanya kepada Allah takut dan pasti Allah akan membela
.
Ketiga ini akan membuat manusia menjadi tenang, apabila takut kepada Allah harusnya kita lebih dekat kepada Allah, tatapi apabila ia takut kepada Selain Allah kita akan lari dari yang ditakuti karena masih ada tempat berlindung lainnya, tetapi apabila kita takut kepada Allah kemana kita harus mencari perlindungan...?

Takut para ambiya' Allah karena mereka takut kepada misi yang dibawanya, mereka takut tidak akan diikuti oleh umatnya karena tipu daya dari musuh-musuhnya bukan karena takut kepada musuh mereka dan dirinya. Mensyukuri nikmat Allah ada jaminan tambahan nikmat-Nya dan inilah Allah, kurang apalagi apabila coba? kita ingkar atas nikmat-Nya Allah tidak langsung menyiksa kita


Narasumber ;
- Sentuhan Qolbu Bersama habib Muhammad bin Alwi Pasuruhan
- www.pasfmpati.com Streaming Pukul 00:00 wib
- www.jkmhal.com

 

Admin

Lihat Profil Lengkap Ku ^_^


Semoga blog ini bisa bermanfaat seperti yang kami harapkan, bila ada kekurangan itu adalah dari kami sendiri dan semoga Allah SWT mengampuninya, kritik dan saran membangun sangat kami harapkan, Terima Kasih (admin)

Pengikut

Comment


ShoutMix chat widget
Kembali Ke Halaman Paling Atas