JALAN MERAIH KEBAHAGIAAN

Dalam surat muhammad ayat 2 menjelaskan bahwa mengikuti rosul dan mempraktekan apa diperintah rosul akan membuat kita memperoleh bermacam - macam dari Allah yang paling gamblang adalah:
1. Allah mengampuni semua dosa – dosa kita
2. Allah Memperbaiki keadaan kehidupan kita didunia dan akhirat. Allah akan memperbaiki hati kita, yaitu tentram abadi hidup didunia, di akhirat akan memperoleh surga selamanya.

Iman tanpa amal sholeh tiada artrinya sebaliknya amal sholeh tanpa beriman juga tiada artinya, semua yang diturunkan Allah kepada Sayyidil wujud muhammad Saw adalah hak dari Allah, karena beriman dan beramal tanpa rosul tidak akan sampai pada Allah, kita sudah dikatakan beriman kepada rosul tapi Allah dalam Alqur'annya masih menyeru untuk kita agar lebih mengimani rosul Saw, Al Hak hanya milik Allah maka kita tak boleh memilah – milah ini bukan dari Allah maka boleh dilanggar, itu adalah pemikiran yang sangat salah. Orang kafir yang ingkar kepada rosul ketika masuk neraka mereka semua berteriak "kenapa dahulu aku tidak iman kepada Allah dan rosul-Nya"

Apa yang diinginkan Allah dari kita ini yaitu tidak lain agar kita memperoleh kesempurnaan kebahagiaan dunia dan akhirat, ini contoh bila kita melanggar apa yang telah dilarang penciptanya misalnya mobil didisain agar cuma dengan bensin bisa berjalan tapi kita merasa kaya dan mampu lalu ingin mengisi mobil dengan minyak paling wangi yang harganya beratus – ratus ribu perliternya karena merasa kita mampu, apa yang terjadi pasti rusaklah mobil itu, seperti itu juga Allah menciptakan kita agar memperoleh kebahagiaan maka Allah memerintahkan dan melarang kita untuk melakukan sensuatu itu adalah wujud cinta Allah kepada hamba-Nya.

Setiap orang selalu ingin mendambakan kebahagiaan hidup apapun itu pekerjaannya dan statusnya. Apakah kebahagiaan itu? dan bagaimana memperolehnya? dan dimanakan letak kebahagiaan? apakan kebahagiaan itu dilihat dari harta? kenyataannya orang - orang yang menumpuk -numpuk harta dengan segala cara tanpa mengenal batas – batas, banyak yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri, apakah kalau kita mendapat sanjungan, tepuk tangan dari orang - orang itu kebahagiaan? tapi kenyataannya juga disana juga tidak memperoleh kebahagiaan, Allah SWT memerintahkan kita ibadah adalah karena Allah ingin kita memperoleh kebahagiaan dan kesempurnaan kita hidup didunia dan akhirat, yang paling tahu kebahagiaan untuk kita adalah Sang pencipta yaitu Allah SWT, sehingga kalau diubah apa yang telah ditentukan-Nya maka sengsara yang akan menghampiri.

Allah Swt menamakan agama kita adalah "Agama yang fitroh" artinya sesuai naluri dan hati nurani manusia, yang Allah ciptakan manusia sesuai dengan fitrah naluri manusia kebutuhan kita, padahal manusia diciptakan dari dua hal yaitu "Ruh dan Badan" maka kedua – duanya haruslah seimbang satu dengan yang lain, manusia pada hakikat sebenarnya "selalu mencari Allah", syariat yang dibawa rosul adalah untuk mendaptakan kehidupan yang sesuai dengan kebutuhan kita, apabila tidak Allah akan memisahkan hatinya dan membekukannya maka itu berarti tidak akan memperoleh kebahagiaan lagi, "ketahuilah hanya dengan menyebut nama Allah maka hati ini tentram".

Orang yang terpisah dengan hatinya merupakan siksakan terbesar, sebelum dirubah wajah ini yang didepan jadi dibelakang maka terlebih dahulu Allah akan mengubah hatinya. untuk mencegah hal itu seharusnya kita menyerahkan hati ini kepada Allah mutlak apabila tidak "hati ini akan direbut setan" hati ini akan merasa takut, cemas, risau dan gelisah, Allah menjamin siapa yang mengikuti Allah maka akan dihapus dosa - dosanya, yang dinamakan dosa adalah kita merasa gelisah ketika orang lain tahu apa yang kita lakukan dan kita takut orang lain tau.

Hanya dengan rosul kita mmperoleh kebahagiaan, dan memperoleh bimbingan Allah. Beliau saw adalah manusia yang paling bahagian, kemudian Allah menjadikan beliau Saw sebagai patokan agar kita mengikutinya. Memegang teguh kebenaran adalah kebahagiaan juga. Kebahagiaan adalah ketika Allah membimbing kita untuk berbuat baik dan ketika Mampu menjaga agama dan beramal untuk akhirat kita.

Namun akhir - akhir ini kepercayaan kita terhadap ketentuan rosul semakin melemah, sedang amal kegiatan kita tergantung kepada kepercayaan kita seperti Do'a Abu dhar shohabat rosul yang sering dipuji Rosul, beliau adalah orang yang mempunyai kepercayaan mutlak tetapi masih meminta kepada Allah supaya diberi iman mutlak kepada Allah dan kepercayaan mutlak terhadap rosul harusnya do'a itu lebih tepat untuk kita panjatkan tiap hari, orang sepeti Abu dhar tidak punya apa – apa sampai wafatnya beliau, tidak peduli walaupun diasingkan oleh orang lain, selalu sendirian hidupnya, tapi beliau adalah orang yang paling bahagia karena telah mempunyai keiman mutlak kepada Allah dan tasdik kepada rosul. Kenapa orang kafir selalu gelisah karena nereka mengikuti kebatilan.

Manusia dibagi menjadi 2 di akhirat yaitu bahagia dan sengsara kekal abadi selamanya selain kalau dikehendaki Allah, surga itu sudah ada didunia ini kalau kita serahkan hati ini kepada Allah dan serahkan hati ini kepada makhluk yang memasuki surga pertama kali "Muhammad Saw", setiap rumah yang ada rosul tanpa perlu lampu lagi karena sudah terang benderang, dan hidup kita akan terang benderang jika didalam hati ini ada beliau Saw.

Menurut Rosul Saw Ada 3 tanda orang bahagia:
1. Memperoleh nikmat cepat - cepat memuji Allah Swt
2. Rizki agak macet maka banyak istighfar kepada Allah Swt
3. kalau menghadapi problem perbanyak "laa khaula wala kuwwata illa billah..."

Dalam semua hal kita yakin Allah Swt selalu memberi yang terbaik kepada kita jangan pernah Su'uzdon kepada Allah, menyalahkan Allah lebih tepatnya salahkan diri sendiri ketika susah memperoleh rizki karena dosa – dosa kita cepet – cepet minta ampun kepada Allah, jangan pernah mengandalkan orang lain hanya kepada Allah kita mengharap pertolongan.

Narasumber:
- Petikan pengajian Habib Muhammad bin Alwi pasruruhan Pas Fm Pati 00:00 dan 05:00
- www.pasfmpati.com Streaming Pukul 00:00 Wib

 

Admin

Lihat Profil Lengkap Ku ^_^


Semoga blog ini bisa bermanfaat seperti yang kami harapkan, bila ada kekurangan itu adalah dari kami sendiri dan semoga Allah SWT mengampuninya, kritik dan saran membangun sangat kami harapkan, Terima Kasih (admin)

Pengikut

Comment


ShoutMix chat widget
Kembali Ke Halaman Paling Atas